Gede-Pangrango,, in Memoriam,,, (part 1)


Wuahhhh... (ini foto dari potlot-adventure.com tentang pemandangan Gunung Gede-Pangrango)

abis uprak Suhe (Ujian Praktikum Struktur Hewan) @ 27 Des 2010,, cuma bisa ngehibur diri, bahwa nilai cuma sekedar penilaian fiktif yang sering kita gilai tanpa sadar kita mengabaikan keobjektifan dari Yang Maha Menilai... hehehe.. (ngeles,,,tapi emang bener khan ?! udah deh jangan pikirin lagi, yang penting introspeksi dan perbaikan diri... ^_^d)

siang itu, gue liat anak-anak Bio Cita (PA-Pencinta Alam di Biologi UPI) lagi siap2 mau perpanjang (perjalanan panjang) ke Gunug Gede-Pangrango, sore itu.. start jam 17.00 WIB dari terminal Caheum menuju pintu masuk via Gunung Putri...

dari hasil wawancara singkat dengan salah seorang panitia, ada kemungkinan mereka akan perjalanan malam (maksudnya mulai naik pas malem2,,) atau camping heula di base awal n baru berangkat naik besok paginya...

Nah,, pas denger kata-kata perjalanan malam,, w jadi inget 15 Desember 2007 silam,, (ceileee..)
waktu itu akhirnya w dapet izin dari mama-papa untuk ikut papa and rombongan temen2 reunian papa naik Gunung Gede-Pangrango...

wuizzz,,, it was my 1st experience naik gunung,, !!!


izinnya susah banget, tau lah.. papa bilang ribet kalo kesana tetep pake rok.. akhirnya w akalin dengan make rompi olah raga panjang gue yang tetep terlihat rok, meskipun tetep terlihat w pake PDL,,, celana cargo gue...

waktu itu,, kita baru mulai naik jam 22.00 WIB,,, ditemani hujan rintik-rintik... makin dingin eung..
yayaya,, karena w udah jarang olah raga, naik di awal ngebuat gue ngos-ngosan, dan belum lagi w mau nangis cz banyak banget yang NGEROKOK!!! [pada engga tau apa w jadi sesak napas ?! :'[

nyampe di pos cibeureum, kita sempet lewatin jembatan kayu yang w takut banget bakal roboh dan w bakal nyeplos, terus berenang di rawa-rawa (hehehe, untung cuma bad thinking w aja..)


istirahat dulu,, giling,, udah cape,, tapi ini belum apa-apa, baru juga jam sebelas.. hwaaaa...

bokap ama om gue malah gelar sleeping bag and engga tau kalo dua anak cewenya malah ikut lanjut ama rombongan... pas sadar,, langsung deh bokap nyuruh sepupu gue(my best cousin), Haryo, ngejemput and ngejagain kita-kita takut gue and ade gue kenapa2 di perjalanan..

Mantebhnya sepupu gue ini,, cepet banget ngejar guenya,, padahal kita udah jalan lagi dari sekitar 1 jam yang lalu.. emang dasar ni gunung udah kayak rumahnya.. dia bilang, dia udah ampe puncak Gede-Pangrango pas kelas 5 SD.. hwaaaaaa....

bener-bener dah,, di otak gue engga ada takut-takutnya ama gelap, engga kepikiran hantu lah atau apa,, yang terpikir cuma jangan ampe gue jatoh ke jurang atau jangan ampe kepatok uler..

selain Haryo and temennya (sori, w lupa nama lu, bro..) ada om Ai, om Heri-Midol, sama Om Ground yang bareng ama kita... engga nyangka,, mereka kocak-kocak banget.. segala macem omongan diobrolin biar bikin kita engga takut and tetep ketawa..
"Tenang wi, (manggil gue, Tiwi).. nanti di atas bakal ada yang jualan nasi goreng, Lu mau pake telor atau pake baso ?" gkgkgkgkg :D

"Sabar ya Rit, (manggil ade gue, Rita), di atas Ungu masih konser koq, Lu kalo mau minta request lagu ape ?"

hehehehe...


btw,,entah bener atau engga, tapi gue tetep engga bisa membenarkan,,,masalah rokok itu lho,, katanya itu salah satu cara pendaki untuk mengurangi kedinginan.. OMG,,

whateva lah...


hwaaahh... berapa kali gue keselandung, udah mulai ngantuk nih,, jam di tangan gue udah kasih liat jam 03.00 pagi.. akhirnya kita istirahat n tidur bentar di pos Kandang Batu deket air panas...

manteb tu air panasnya,, untung udah ada yang bikin tali buat pegangan (dari pendaki sebelum2nya)... kalo engga serem banget kalo kepleset,, samping langsung jurang bro,,,

kata haryo mah, "ati-ati wi, w denger yang jatoh pulangnya tinggal nama doank, jasadnya engga ditemuin... cz uap dari air panasnya itu bikin sulit melihat ke bawah.."
hwaaaa,, hati-hati ya kalo lewat sini...

terus jalan ampe ketemu anak-anak SMK yang lagi ngedaki juga,, anak2 SMK Pembangunan kalo engga salah namanya.. hehehe..


Nah,, pas udah ngelewatin Pos kandang Badak (namanya lucu ya, w engga tau apa disitu banyak badak, atau ada batu bentuknya kayak badak),, kita mulai jalan nanjak n cukup curam,, ampe kita nemuin persimpangan jalan... Gunung Gede (ke kiri) dan Gunung Pangrango (ke kanan)..

hwaaaaa,, shocking therapy w waktu itu,, masa udah serasa segini jauh baru disuruh milih,, Lu mau ke Gunung Gede atau Gunung Pangrango.. kata Om-om, kita ke Gunung Gede aja ya,, lha kita mah nurut-nurut aja, wong engga tau jalan...

dari situ kita udah mulai ngeliat banyak pendaki..

tapi justru gue mulai goyah dan pengen udahan (lha, dikira maen game, apa ?),, ketinggian sekian ngebuat gue mulai sulit napas,, idung mulai mampet,, yang bisa gue lakuin cuma napas lewat mulut.. dingin banget, basah, ujan rintik-rintik,, hwaaaa mau muntah nih...

dan bnar lah,, w engga kuat.. padahal 1/4 perjalanan lagi nyampe puncak.. tapi gue engga kuat.. akhirnya ade w lanjut ama temennya Haryo.. Haryo pun ikut nungguin gue yang kecapean banget..

"Lu engga lanjut aja, bro ? sayang tau !"

"Bokap Lu pesen tolong jagain elu kayak ngejagain kayak ade sendiri tau... biar deh, ade Lu ama temen gue aja dulu, lagian ada Oom Ground ama Om Ai.. ngeliat Lu kayak gini, gue mana bisa lanjut,, udah deh engga usah maksain.. kita turun balik aja..bareng ama Oom Midol ni..", jawab Haryo..

hwaaa,, gue punya abang yang baik banget,, dia ni abang yang lahirnya cuma beda setengah jam ama gue.. makanya kita akrab banget..

Ada banyak kesimpulan yang bisa gue ambil dari perjalanan ini...
Gue bakal lebih milih perjalanan malem dibandingkan perjalanan pagi.. kenapa ? cz gue langsung down banget ngeliat medan perjalanan yang tinggi dan terjal banget,, otak gue berpikir dan nyuruh gue untuk nyerah... tekanan udara dan suhu yang semakin rendah ngebuat gue yang punya sinusitis engga kuat... padahal malem juga sama cuma karena gue engga liat medan,, gue berani jalan terus..

Nah,, ibrohnya,, kenapa sih Alloh engga ngasih tau ke kita gimana takdir hidup kita,, cz kalo kita tau kalo takdir kita itu berat banget medannya, banyak sulitnya, de el-el,, kita pasti keburu nyerah dan takut engga bisa ngejalanin,, cz sifat manusia emang doyan ngeluh dan putus asa (gue juga kdang masih begitu)... Nah,, kalo kita engga tau apa yang ada di depan kita, biasanya kita terobos aja,, cz yakin Alloh pasti bersama kita.. kalo malem khan kita engga mikirin medan,, kerjanya berdoa terus,, berharap biar engga ketemu macan, biar engga jatoh ke jurang, atau biar engga kepatok ular...
kalo pagi, gue udah keburu ngeliat medan yang mantebh jadinya agak ciut duluan..

itu sih kalo dari pandangan gue mah...

cuma sayang banget gue belum bisa nyampe di puncak salah satu gunung hebat itu.. maybe next time Insya Alloh (kalo dapet izin lagi ya...) and gue juga belum punya banyak jepretan2 keren dari sana..

so,, kita tunggu cerita dari dari temen2 BC yang nanti pulang dari Gede-Pangrango ya,, insya Alloh di Part ke-2...

Wait that !!! ^_^d

Komentar

Postingan Populer