Komunikasi Produktif #1

Amalz Notes

Tantangan Game Level 1 - Komunikasi Produktif

oleh : Amalia Pratiwie
Hari Ke- : 1
Tanggal : 29 Maret 2019
Subjek   : Suami

KomProd Hari Ini


Poin KomProd dengan Pasangan

Clear and Clarify
Choose the Right Time
Kaidah 7 - 38 - 55

Intensity of Eye Contact

I'm Responsible of My Communication Result

Poin pertama KomProd kami, saya ingin mencoba waktu-waktu kapan saja kami berada di nalar paling tinggi, sehingga diskusi-diskusi topik berat pun akan terasa santai dan menyenangkan. Hari ini saya mencoba mengajak suami untuk pillow talk, tapi di pagi hari. Karena kebetulan beliau sedang libur kerja shift.
Setelah menyamankan semua suasana…
Istri (I) : Mas, ade boleh tanya? Mas paling suka kalo diajak diskusi pas kita lagi apa?
Suami (S) : Hmm.. Ya kayak sekarang ini, santai, sambil tiduran. Ade mau diskusi apa kali ini emangnya?
I : Diskusi tentang tugas belajar Ade di kelas BunSay. Tentang Komunikasi Produktif, Mas. Ade pengin tau, saat-saat kayak apa yang paling bikin Mas nyaman untuk ngobrol serius sama Ade. Makanya tadi Ade nanya begitu sama Mas.
S : Oo. OK. Selain itu, Mas juga seneng kalo kita ngobrol di saat makan di meja makan. Asal jangan lagi makan pedes aja. Hehehe.
I : Hihihi.. Sepakat Mas, soalnya kadang klo pedes bingung juga ngerasain emosinya. Jadi rariweuh 😅
I : Oiya Mas.. Ade mau tanya lagi. Kalo misal Mas pulang kerja, Mas lebih suka rumah rapi, atau Ade dan Dija yang rapi?
Ditanya begitu, suami malah tertawa. 😆
S : Hahaha.. Gimana yaa.. Sebenarnya standar rapinya rumah bagi Mas sama Ade khan beda ya. So, Mas sih ga ribet-ribet. Ade silakan rapikan rumah pake standar minimumnya Mas aja. Yang penting rumah masih aman buat area bermain Dija. Kalaupun masih harus dirapikan, nanti bisa kita rapikan bersama-sama. Mas malah lebih seneng kalo pulang kerja, Ade udah rapi, wangi, begitupun Dija. Ade jadi keliatan fresh gitu, Mas juga jadi seneng liatnya. Yaa, meskipun pastinya rumah rapi jali dan Ade harum mewangi adalah ideal kita semua ya. Hehehehe.. Tapi bagi Mas, Ade happy itu yang paling penting.. Khan kata Ade, Happy Wife, Happy Life, ya khan?! 😁😁
I : Masya Allah.. Gitu ya Mas.. Hihihi.. Ade engga nyangka jawaban Mas ternyata gitu yaa.. Okee.. I 🤗 U..
S : I 🤗 U more 😎

Pencapaian

  • Hari ini saya belajar untuk mencari waktu yang tepat (choose the right time). Pemahaman tentang waktu yang tepat bukan cuma dari pandangan saya pribadi, tapi saya mencoba bertanya pendapat suami juga. Saya ingin membentuk FoE-FoR (Frame of Reference dan Frame of Experience) suami dan saya menjadi FoE-FoR KITA.
  • Selain itu, saya mencoba memperjelas dan klarifikasi (clear and clarify) tentang pandangan dia dan pandangan saya mengenai apa yang paling membuat dia senang setelah suami pulang kerja. Dan ternyata menyenangkan bisa bicara dari hati ke hati plus dapet win win solution nya. 🤗🤗🤗
#hari1
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Komentar

Postingan Populer